Standar Minimal pelayanan Rawat Jalan

TUGAS ONLINE
MANAJEMEN PELAYANAN RAWAT JALAN

Description: D:\Materi Kuliah\logo.jpg
 







Disusun oleh :
Nurul Hudayati
NIM 20160301105


Dosen : MULYO WIHARTO


Manajemen Rumah Sakit
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Esa Unggul Jakarta
2017


Standar Pelayanan Minimal:
adalah ketentuan tentang jenis dan mutu pelayanan dasar yang
merupakan urusan wajib daerah yang berhak diperoleh setiap warga secara minimal. Juga merupakan spesifikasi teknis tentang tolak ukur pelayanan minimum yang diberikan oleh Badan Layanan Umum kepada masyarakat.

Rumah Sakit:
adalah sarana kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan meIiputi pelayanan promotif, preventif, kurative dan rehabilitatif yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.

Pelayanan rawat jalan (ambulatory) adalah satu bentuk dari pelayanan kedokteran. Secara sederhana yang dimaksud dengan pelayanan rawat jalan adalah pelayanan kedokteran yang disediakan untuk pasien tidak dalam bentuk rawat inap (hospitalization)

Pada Undang undang nomor 11 tahun 2016 disebutkan bahwa bahwa untuk memberikan akses kepada masyarakat terhadap pelayanan kesehatan rawat jalan yang lebihcepat dan lebih nyaman perlu dibuka kesempatan rumah sakit untuk menyelenggarakan pelayanan rawat jalan eksekutif;
Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif adalah pemberian pelayanan kesehatan rawat jalan nonreguler di rumah sakit yang diselenggarakan melalui pelayanan dokter spesialis-subspesialis dalam satu fasilitas ruangan terpadu secara khusus tanpa menginap di Rumah Sakit dengan sarana dan prasarana di atas standar.

Pelayanan Rawat Jalan Reguler adalah pemberian pelayanan kesehatan rawat jalan di Rumah Sakit yang diselenggarakan melalui pelayanan dokter spesialis-subspesialis.
Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif di Rumah sakit hanya diselenggarakan pada Rumah Sakit kelas A, kelas B, dan kelas C milik pemerintah pusat, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat.
Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif adalah bersifat one stop seruice, mulai dari pendaftaran, pemeriksaan medik, pelayanan penunjang medik, dan pelayanan lainnya dalam satu zona area pelayanan.

Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif sebagaimana dimaksud dapat diselenggarakan pada:
a.       setiap hari kerja: pada jam kerj a dan/atau sore hari; dan
b.      hari libur: sesuai kebutuhan rumah sakit.

Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif dapat diakses oleh peserta umum atau peserta JKN kecuali peserta Penerima Bantuan Iuran dan peserta jaminan kesehatan yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah.
Tujuan dari pelayanan rawat jalan adalah mengupayakan kesembuhan dan pemulihan pasien secara optimal melalui prosedur dan tindakan yang dapat dipertanggung jawabkan (Standart pelayanan Rumah sakit, dirjen yanmed depkes RI thn 1999).

Sedangkan Fungsi dari pelayanan rawat jalan adalah sebagai tempat konsultasi, penyelidikan, pemeriksaan dan pengobatan pasien oleh dokter ahli dibidang masing-masing yang disediakan untuk pasien yang membutuhkan waktu singkat untuk penyembuhannya atau tidak memerlukan pelayanan perawatan.

Standar Pelayanan Minimal Rawat Jalan Menurut  kepmenkes 129 tahun 2008 tentang standar pelayanan minimal rumah sakit
1. Dokter pemberi Pelayanan di Poliklinik Spesialis  : 100 % dokter spesialis
2. Ketersediaan Pelayanan :
a)      Klinik Anak
b)      Klimik Penyakit dalam
c)      Klinik Kebidanan
d)     Klinik Bedah
3.      Ketersediaan Pelayanan di RS Jiwa  :
a)      Anak Remaja
b)      NAPZA
c)      Gangguan Psikotik
d)     Gangguan
e)      Neurotik
f)       Mental Retardasi
g)      MentalOrganik
h)      UsiaLanjut

4.      Jam buka pelayanan : 08.00 s/d 13.00 Setiap hari kerja kecuali Jumat : 08.00 - 11.00
5.      Waktu tunggu di rawat jalan : ≤ 60 menit
6.      Kepuasan Pelanggan : ≥ 90 %
7.      a. Penegakan diagnosis TB melalui pemeriksaan mikroskop TB  : ≥ 60 %
b. Terlaksananya kegiatan pencatatan dan pelaporan TB di RS  : ≤ 60 %


REFRENSI
Kepmenkes 129 Tahun 2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif Di Rumah Sakit
www.Depkes.go.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSEDUR PELAYANAN FARMASI

Pelayanan Administrasi Unit Rawat Jalan